Share Islam

supporting Share Islam on Facebook

Shalat Khusyu' #2

Sent : 30 December 2009 at 17:03

Khusyuk dalam sholat ini bisa tercapai bagi orang yang memusatkan hatinya unyuk sholat. Hatinya sibuk dalam sholat dan berpaling dari perkara selain sholat, dia lebih mengutamakan sholat daripada perkara yang lain. Maka jadilah sholatnya itu sebagai penyejuk mata dan ketenteraman bagi dirinya.

Rasullah SAW bersabda : “telah dijadijan kesejukan mataku di dalam sholat”



KEUTAMAAN DAN MANFAAT KHUSYUK

1. Mendapat ampunan dan pahala yang besar

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mumin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. 33:35)

2. Membuat sholat jadi ringan

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu, (QS. 2:45)

3. Orang yang beruntung adalah yang khusyuk

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya, (QS. 23:1-2)

4. perkara yang sangat penting

Rasullah SAW bersabda “Pertama kali yang dicabut dari umat ini adalah khusyuk, hingga engkau tidak akan melihat lagi orang khusyuk. Shohih at-Targhib :543)

5. dapat jaminan surga

“Tidaklah seorang muslim berwudhu, kemudian dia membaguskan wudhunya, lalu berdiri sholat duat roka’at, dia menghadapkan hati dan wajahnya, kecuali wajib baginya surga” (HR Muslim : 234)

6. terbebas dari dosa dan kesalahan

“jika dia berdiri mengerjakan sholat, memuji Allah dan mengagungkannya, yang memang Dia berhak, serta memusatkan hatinya untuk Allah, kecuali akan terhapus kesalahannya sebagaimana keadaan pertama kali di dilahirkan dari perut ibunya (HR Muslim : 832)



HUKUM KHUSYUK

Hukum khusyuk adalah wajib. “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan seseungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang2 yang khusyuk.”

Ayat ini memiliki konsekuensi celaan terhadap orang yang tidak khusyuk. Dan celaan itu tidak terjadi kecuali karena meninggalkan yang wajib atau mengerjakan yang haram.
___________________________________________________________________________________________________________
Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah

Jika ada di tulisan ini yang tidak sesuai keduanya, maka tinggalkanlah. Segera ikuti Al-Quran dan Sunnah

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Followers