Share Islam

supporting Share Islam on Facebook

Ini Udah Ramadhan Malam ke-7 lhoo

Sent : 16 August at 21:39

Assalam'alaykum warahmatullahi wabarakatuh


bagaimana dengan amalan di bulan Ramadhan kita? hehe semoga maksimal yaaa.
soalnya kalo saya liat sekeliling kita, banyak temen2 yang udah mulai sakit-sakit, dan kegiatan perkuliahan juga udah mulai sibuk.

lalu juga beberapa masjid sudah cepet banget waktu shalat Tarawihnya. Dan Masjid-masjid sudah mulai berkurang jama'ahnya.

..sedangkan Ramadhan ini tetep berjalan. sayang kaan kalo kita kurang maksimal beramalnya?



naah... ada beberapa amalan yang sebaiknya kita kerjakan nih :



1) Sedekah

Jangan ditunda-tunda kawan!
dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu berkata,: "Seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu'alaihi wasallam dan berkata,: "Wahai Rasulullah, shadaqah apakah yang paling besar pahalanya?". Beliau menjawab: "Kamu bershadaqah ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan-angan jadi orang kaya.

Maka janganlah kamu menunda-nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorakanmu." (HR Bukhari)

takutkah dengan Kemiskinan karena Sedekah?
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. " QS 2:261

"Allah Sebaik-baik Pemberi rezki." (QS 62:11)

tapi harus halal hartanya yaa :D
dari Ibnu Umar dari Nabi Shallahu 'alaihi wa Sallam, beliau bersabda: " Tidak akan diterima shalat yang dilakukan tanpa bersuci, dan tidak akan diterima sedekah yang berasal dari harta curian." (HR Tirmidzi)

bersedekahlah Muslimah! Nabi lhoo ini yang ngomong
dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka." (HR Muslim)


2) Keutamaan 2 Rakaat Dhuha

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Setiap pagi dari persendian masing-masing kalian ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma'ruf nahi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan dua rakaat Dhuha."(HR Muslim)


3) Berdoa saat Berbuka Puasa

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka beliau membaca do’a berikut ini,

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

"Dzahabadh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah"
(artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah)” (HR. Abu Daud no. 2357. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Adapun do’a berbuka yang tersebar di tengah-tengah kaum muslimin yaitu,

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka)”

Riwayat di atas dikeluarkan oleh Abu Daud dalam sunannya no. 2358, dari Mu’adz bin Zuhroh. Mu’adz adalah seorang tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (di atas tabi’in terputus). Hadits mursal merupakan hadits dho’if karena sebab sanad yang terputus. Syaikh Al Albani pun berpendapat bahwasanya hadits ini dho’if. (Lihat Irwaul Gholil, 4/38)


4) Mintalah sama Allah agar kita dipermudah dalam beramal. sebagaimana Dzikir setelah Shalat Fardhu Nabi yaitu

"Allahumma a'innii 'alaa dzikrika , wasyukrika , wa husni 'ibaa datika"
Artinya : Ya Allah tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu. (HR Abu Dawud dan An-Nasai)

""Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." QS 40:60



semoga bermanfaat
sukses ya amalan Ramadhannya! :D
Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

___________________________________________________________________________________________________________
Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. Jika ada di tulisan ini yang tidak sesuai keduanya, maka tinggalkanlah. Segera ikuti Al-Quran dan Sunnah

0 komentar:

Post a Comment

Followers