Share Islam

supporting Share Islam on Facebook

Jum'at bag. 2 (bagus pisan). Recommended for Laki-Laki :D

Sent : 19 August at 21:17

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh

kali ini kita ada 6 poin yang dibahas. 2 diantaranya dalil kewajiban laki-laki untuk ke Shalat Berjama'ah, 1 diantaranya keutamaan pergi ke Masjid, 1 Doa ke Masjid, dan 2 lainnya seputar amalan Jum'at.

selamaat membaca :D
semoga bermanfaat


1) Dalil wajibnya Shalat berjamaah di Masjid.
"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'." QS Al-Baqarah 2 :43

dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sungguh, aku berkeinginan sekali memerintahkan seseorang untuk menegakkan shalat, kemudian aku keluar dengan beberapa pemudaku sambil membawa kayu bakar, lalu aku bakar kaum yang masih berada di rumahnya yang mendengar adzan tapi mereka tidak datang untuk shalat." (HR Ahmad)

dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku ingin memerintahkan seseorang mengumpulkan kayu bakar kemudian aku perintahkan seseorang untuk adzan dan aku perintahkan seseorang untuk memimpin orang-orang shalat. Sedangkan aku akan mendatangi orang-orang (yang tidak ikut shalat berjama'ah) lalu aku bakar rumah-rumah mereka. (HR Bukhari)


2) Teguran Keras Rasullah shalallahu 'alahi wasallam kepada lelaki yang tidak shalat berjama'ah.
dari Ibnu 'Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Barangsiapa mendengar suara adzan kemudian tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali karena udzur." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)


3) Keutamaan Bepergian ke Masjid untuk Shalat Berjama'ah.
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Pahala shalat seseorang dengan berjamaah melebihi pahala shalatnya di rumah dan di pasar sebanyak dua puluh lima derajat.

Hal tersebut, karena apabila seseorang di antara kalian berwudlu, lalu memperbagus wudlunya, kemudian pergi ke masjid semata mata karena untuk mengerjakan shalat, dan kesempatan itu hanya dipergunakan untuk shalat,
maka orang tersebut tidak melangkahkan satu langkah, kecuali setiap langkahnya itu diangkat baginya satu derajat, dan dihapus darinya satu dosa, sampai dia masuk ke dalam masjid.

Apabila dia telah masuk masjid, maka dia dihitung dalam keadaan shalat selama tertahan karena shalat (tidak keluar dari masjid karena menunggu shalat),

dan para malaikat akan bershalawat (memohonkan rahmat dan ampunan) kepada seseorang di antara kalian, selama dia tetap berada di tempat dia mengerjakan shalatnya,

mereka (para malaikat) berdoa; Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia dan terimalah taubatnya. Para malaikat itu berdoa demikian selama orang itu tidak mengganggu orang lain di tempat itu atau berhadats." (HR Bukhari dan Abu Dawud)


4) Doa bepergian ke Masjid.
"ALLAHUMMAJ 'AL FII QALBII (hati) NUURAN
............WA FII LISAANII (lisan) NUURAN

.............WAJ'AL FII SAM'I (pendegaran) NUURAN
.............WAJ'AL FII BASHARII (penglihatan) NUURAN

.............WAJ'AL MIN KHALFII (belakang) NUURAN,
.............WA MIN AMAAMII (hadapan/depan) NUURAN,

.............WAJ'AL MIN FAUQII (atas) NUURAN,
.............WA MIN TAHTI (bawah) NUURAAN,

ALLAHUMMA A'THINII NUURAN."

Artinya : "Ya Allah berilah cahaya dalam hatiku, cahaya di lisanku, berilah cahaya dalam pendengaranku, berilah cahaya dalam penglihatanku, berilah aku cahaya dari belakangku, dari arah depanku, dan berikanlah cahaya dari atasku, dan arah bawahku. Ya Allah berilah aku cahaya." (HR Muslim)
nulisnya gitu biar gampang aja dihafalinnya. hehe


5) Bila ngantuk saat Khutbah Jum'at, apa yang seharusnya kita lakukan?
dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang mengantuk di dalam masjid (ketika khutbah Jum'at), hendaknya ia pindah tempat duduk ke tempat duduk yang lain." (HR Abu Daud)


6) Dalil Shalat Jum'at terdapat pada Surah Al-Jumu'ah Surah ke 62.
"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." QS 62:9


semoga bermanfaat.
semoga sukses puasa dan amalan ramadhannya
jangan disia-siakan kita bisa puasa dengan nyaman, padahal skrg 1/5 negara Pakistan terendam dan mereka kesulitan makanan lhoo. (sedih deh kalo liat di TV hehe)


Wassalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh
"dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki." QS 62:11


___________________________________________________________________________________________________________Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. Jika ada di tulisan ini yang tidak sesuai keduanya, maka tinggalkanlah. Segera ikuti Al-Quran dan Sunnah

0 komentar:

Post a Comment

Followers