Share Islam

supporting Share Islam on Facebook

Asmaul Husna #1

Sent : 21 December 2009 at 11:03

Berikut kita bahas tentang Asmaul Husna
Semoga kita tambah sering ingat kepada Allah setelah memahami Asmaul Husna berikut :

1. Al- Awwal
"Yang Awal" menunjukkan bahwa selain Allah bersifat baru yang berawal dari ketiadaan. Hal itu mengharuskan hamba untuk selalu mengingat karunia Allah atas segala nikmat duniawi dan ukhrawi mengingat sebab dan akibat berasal dari Allah

2. Al-Akhir
"Yang Akhir" artinya Allah adalah puncak segalanya, tempat seluruh makhluk menyandarkan seluruh harapan, cinta dan permohonan

3. Azh-Zhahir
"Yang Zhahir" menunjukkan keaguan sifat-sifat Allah dan tersisihnya segala hal di hadapan keagungan-Nya

4. Al-Bathin
"Yang Batin" artinya Allah mengetahui segala rahasia, segala yang samar, segala yang disimpan dan hakikat segala sesuatu. Juga menunjukkan begitu dekatnya Allah.

5. Al-'Aliy 6. Al-A'la 7. Al-Muta'al
"Maha Tinggi"

Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. 2:255

Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sedangkan ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya. (QS. 20:110)

Seluruh nasib makhluk ada di tangan Allah. Apa yang dikehendaki Allah, tidak ada satupun yang mencegah-Nya dan apa yang ditak dikehendaki-Nya tidak akan ada. Seandainya seluruh makhluk bersatu untuk mewujudkan sesuatu yang tidak diinginkan Allah, tentu mereka tidak akan mampu.

Itu semua sebab sempurnanya kekuasaan dan terlaksananya kehendak Allah serta besarnya kebutuhan makhluk kepada Allah dalam segala segi

8. Al-Azhim 9. Al-Kabir
"Maha Besar"

Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya pada hal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Dia dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (QS. 39:67)

Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanya akan lenyap tidak ada seorangpun yang dapat menahan keduanya selain Allah. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (QS. 35:41)


Oleh karena itu ,hendaknya kita mengerahkan segala kemampuan untuk mengenal Allah ( ma'riftullah), mencintai-Nya, merendahkan diri di hadapan-Nya, tunduk pada-Nya, tawadhu' terhadap kesombongan Allah, takut kepada-Nya, menggerakkan lisan untuk memuji-Nya, membangkitkan anggota tubuh untuk bersyukur dan beribadah kepada-Nya, tidak berbuat maksiat, memuliakan segala yang telah disyariatkan dan yang diharamakan Allah, baik itu berhubungan dengan waktu, tempat maupun perbuatan.
___________________________________________________________________________________________________________
Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah

Jika ada di tulisan ini yang tidak sesuai keduanya, maka tinggalkanlah. Segera ikuti Al-Quran dan Sunnah

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Followers