Share Islam

supporting Share Islam on Facebook

Kesalahan Message Saya

Dikirim ke member Share Islam : 11 April at 07:25



Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh

kali ini, saya ingin mengkoreksi kesalahan saya dalam message sekitar bulan Agustus pada tahun 2009,

waktu itu saya berpendapat
"Makmum pada shalat berjama'ah wajib membaca kembali Sami'allahu liman hamidah, walaupun Imam sudah membacanya"

dengan dalil sebagai berikut
1. "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam membaca : 'Sami'allahu liman hamidah' (Allah mendengar orang yang memuji-Nya, kemudian beliau membaca : 'Rabbana wa lakal hamdu (Wahai Rabb kami, segala puju adalah milik-Mu).'" (HR Bukhari)

2. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda "Shalatlah sebagaimana kalian melihatku mengerjakan shalat." (HR Bukhari dan Ahmad)

3. lalu juga hadits "Hanyalah seorang dijadikan sebagai imam untuk diikuti, apabila dia ruku' maka ruku'lah, apabila dia bangkit, maka bangkitlah, apabila dia shalat dengan duduk maka duduklah." (HR Bukhari dan Muslim)



Kesimpulan waktu itu :
Maka makmum seharusnya membaca : "Sami'allahu liman hamidah, Rabbana wa lakal hamdu" juga.


_______________________________

Setelah itu, saya menemukan dalil-dalil lain yang bertentangan dengan kesimpulan diatas.

1. dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata : 'Rasullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda " Apabila imam mengucapkan: sami'allahu liman hamidah, maka ucakapkanlah: rabbana lakal hamdu." (HR Bukhari dan Muslim)

2. dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, berkata : 'Nabi shallallahu 'alaihi wasallam terjatuh dari kudanya maka lecet atau robek kulit sisi tubuhnya yang kanan. Maka, kami masuk menemui beliau dan kami menjenguknya, dan tibalah waktu shalat kemudian beliau shalat bersama kami dengan duduk dan kami shalat di belakang beliau dengan duduk, setelah shalat selesai beliau bersabda : "Hanyalah seorang dijadikan sebagai imam untuk diikuti, apabila dia bertakbir maka bertakbirlah, (apabila dia shalat berdiri maka shalatlah dengan berdiri) apabila dia sujud maka sujudlah, apabila dia bangkit maka bangkitlah, apabila dia mengatakan : sami'allahu liman hamidah, maka katakanlah : rabbana wa lakal hamd, apabila dia shalat dengan duduk maka shalatlah dengan duduk seluruhnya." (HR Bukhari dan Muslim)


Kesimpulan : Apabila Imam mengatakan : sami'allahu liman hamidah, maka Makmum membaca : rabbana wa lakal hamd atau rabbana lakal hamd atau bacaan lain yang terdapat dalam kitab-kitab Shahih.


demikian koreksi saya atas message yang saya kirim dahulu. oleh karena itu saya mohon maaf atas koreksi yang lama sekali hampir 2 tahun dikarenakan saya mencarinya betul-betul. saya mencegah agar tidak terdapat kesalahan mengenai ini kembali.

alhamdulillah

mohon maaf sekali lagi
semoga bermanfaat

Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh


___________________________________________________________________________________________________________
Berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. Jika ada di tulisan ini yang tidak sesuai keduanya, maka tinggalkanlah. Segera ikuti Al-Quran dan Sunnah

0 komentar:

Post a Comment

Followers